Saat ini, ternyata semakin banyak orang yang mulai tertarik menjadi seorang Youtuber. Banyak yang berpendapat bahwa profesi ini lebih terlihat mudah dan bayarannya pun cukup besar. Bahkan Youtuber bisa mendapatkan uang meski hanya dengan duduk dan bersantai menikmati kopi di sore hari.

Sekali saja mengunggah video, saat video tersebut mulai ditonton banyak orang maka secara tidak langsung, uang pun akan tergelontorkan masuk ke rekening tanpa kesulitan sedikit pun. Membayangkan hal seperti ini tentu membuat Anda semakin berambisi menjadi seorang Youtuber. Benar kan?

Situs Youtube yang digagas oleh tiga mantan karyawan PayPal di tahun 2005 ini sekarang digandrungi oleh banyak lapisan masyarakat. Mulai tahun 2019 para Youtuber berlomba-lomba mencari konten unik agar bisa meraup banyak subscriber dan pengunjung. Penghasilan yang didapatkan juga sangat menggiurkan. Coba simak di bawah ini:

Penghasilan Youtuber Indonesia

Sepertinya sudah banyak orang yang tahu jika penghitungan rate dari seorang Youtuber adalah 1 USD untuk 1000 views. Jadi postingan Anda harus dilihat 1000 kali baru akan mendapat uang sebesar 1 USD. Eits, tapi tunggu dulu, sepertinya aturan itu hanya berlaku di pasar Amerika Serikat ya. Selain itu, ternyata Anda juga harus memperhitungkan apakah postingan Anda itu mampu menarik pengunjung untuk mengklik ke iklan atau tidak.

Jika iya, barulah bisa dibilang postingan Anda ini mendapat uang. Nah, selain itu, penghasilan yang banyak juga dipengaruhi oleh konten postingan Anda. Jika postingan Anda memiliki konten yang mahal seperti gadget, software, dan komputer tentu nilai perkliknya akan lebih mahal.

Di Indonesia sendiri sebenarnya memiliki sistem effective cost per mille,inilah yang menyebabkan kenapa pendapatan Anda masih sama atau tetap di bawah 10 USD padahal views nya sudah mencapai hingga puluhan ribu. 

Cost per Mille

Apa itu CPM atau Cost per Mille? Ini adalah bayaran berdasarkan jumlah tayang atau penontonnya. Jika di Amerika, dengan total per 1000 views nya akan di beri 1 hingga 7 USD, maka di Indonesia pula hanya di berikan Rp 7.000 per 1000 views. 

Jadi sudah bisa dibayangkan ya kalau Anda memiliki video dengan jumlah 1 juta views, nominal yang akan Anda dapatkan diperkirakan sekitar 550 USD atau Rp 7.000.000. 

Cost per Click

Apa itu CPC atau Cost per Click? Ini adalah bayaran yang diberikan berdasarkan jumlah per klik iklan yang ada di video atau channel Youtube Anda. Di Indonesia biasanya diberi harga Rp 5.000. 

Itulah tadi beberapa cara untuk tau dari mana penghasilan seorang Youtuber. Apakah Anda tertarik? 

Spread the love