Protokol Kesehatan COVID-19

Protokol Komunikasi Publik COVID-19

Protokol Pintu Masuk Wilayah Indonesia (Bandara, Pelabuhan, PLBDN) COVID-19

Protokol Area Institusi Pendidikan COVID-19

Protokol Di Area Dan Transportasi Publik COVID-19

Referensi

Apa itu coronavirus?
Ini adalah virus baru yang dinamai paku mirip mahkota yang menonjol dari permukaannya. Virus corona dapat menginfeksi hewan dan manusia dan dapat menyebabkan berbagai penyakit pernapasan mulai dari flu biasa hingga lesi paru-paru dan pneumonia.

Seberapa menular virus itu?
Tampaknya menyebar dengan sangat mudah dari orang ke orang, terutama di rumah, rumah sakit dan ruang terbatas lainnya. Patogen dapat melakukan perjalanan melalui udara, diselimuti tetesan pernapasan kecil yang dihasilkan ketika orang sakit bernafas, berbicara, batuk atau bersin.

Di mana virus menyebar?
Virus, yang berasal dari Wuhan, Cina, telah membuat lebih dari 89.700 sakit di setidaknya 67 negara dan lebih dari 3.000 telah meninggal. Penyebaran telah melambat di Cina, tetapi menambah kecepatan di Eropa dan Amerika Serikat.

Gejala apa yang harus saya perhatikan?
Gejala, yang bisa memakan waktu antara dua hingga 14 hari untuk muncul, termasuk demam, batuk dan kesulitan bernafas atau sesak napas. Kasus yang lebih ringan mungkin menyerupai flu atau pilek, tetapi orang mungkin dapat menularkan virus bahkan sebelum mereka mengembangkan gejala.

Bagaimana cara menjaga diri saya dan orang lain aman?
Mencuci tangan sesering mungkin adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan, bersama dengan tinggal di rumah saat Anda sakit dan menghindari menyentuh wajah Anda.

Bagaimana saya bisa bersiap menghadapi kemungkinan wabah?
Simpan persediaan obat-obatan penting selama 30 hari. Dapatkan suntikan flu. Sediakan barang-barang rumah tangga yang penting. Memiliki sistem pendukung untuk anggota keluarga lanjut usia.

Bagaimana jika saya bepergian?
C.D.C. telah menyarankan agar semua perjalanan yang tidak penting ke Korea Selatan, Cina, Italia dan Iran. Dan agensi telah memperingatkan para pelancong yang lebih tua dan berisiko untuk menghindari Jepang.

Berapa lama untuk mengembangkan pengobatan atau vaksin?
Beberapa obat sedang diuji, dan beberapa temuan awal diharapkan segera terjadi. Vaksin untuk menghentikan penyebaran masih setidaknya satu tahun lagi.

“Mata, hidung, mulut – semua selaput lendir adalah portal ke dalam tubuh untuk virus seperti Covid-19 atau SARS,” kata Mary-Louise McLaws, profesor epidemiologi, infeksi perawatan kesehatan dan pengendalian penyakit menular di University of New Wales Selatan di Sydney, Australia.

Artikel ini di dapat tanggal 2 Maret 2020

Artikel dari WHO

Coronaviruses (CoV) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS-CoV) dan Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS-CoV). Coronavirus novel (nCoV) adalah jenis baru yang belum diidentifikasi sebelumnya pada manusia.

Virus corona adalah zoonosis, artinya ditularkan antara hewan dan manusia. Investigasi terperinci menemukan bahwa SARS-CoV ditularkan dari kucing luwak ke manusia dan MERS-CoV dari unta dromedaris ke manusia. Beberapa coronavirus yang dikenal beredar pada hewan yang belum menginfeksi manusia.

Tanda-tanda umum infeksi termasuk gejala pernapasan, demam, batuk, sesak napas dan kesulitan bernafas. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi termasuk mencuci tangan secara teratur, menutupi mulut dan hidung ketika batuk dan bersin, memasak daging dan telur dengan saksama. Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin.

5
5.0 rating
5 out of 5 stars (based on 3 reviews)
Excellent100%
Very good0%
Average0%
Poor0%
Terrible0%
Spread the love