MySQL vs. PostgreSQL: 2021 Benchmarks

Setiap situs web dan aplikasi membutuhkan cara untuk mengakses dan memproses data, dan ini berarti dapat mengelola database Anda. Sistem manajemen basis data terkadang digabungkan dengan basis data, namun pada kenyataannya, sistem ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan basis data dan melakukan tugas manajemen seperti mengontrol akses, menulis data, dan menjalankan kueri.

Sebagian besar alat manajemen basis data menggunakan sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) untuk mengatur data, dan sebagian besar basis data relasional menggunakan bahasa kueri terstruktur (SQL) untuk memproses dan meminta data. RDBMS menggunakan model data berorientasi tabel, di mana skema relasinya ditentukan oleh nama tabel dan sekumpulan atribut dengan tipe data tetap. Meskipun ada model data non-SQL yang tersedia, model data relasional tetap menjadi pilihan pertama bagi sebagian besar organisasi di seluruh dunia.

Dua RDBMS open source yang paling populer adalah MySQL, yang dikembangkan oleh Oracle, dan PostgreSQL. Saat memilih alat manajemen database yang akan digunakan, organisasi mempertimbangkan memori, keandalan, dan waktu respons kueri, tetapi mereka juga mempertimbangkan masalah kompatibilitas dan tingkat dukungan yang ditawarkan. Untuk alasan ini, popularitas suatu alat dapat menjadi ukuran yang baik untuk aksesibilitas dan ukuran komunitas sumber terbuka.

Membandingkan MySQL dan PostgreSQL

Dalam persaingan untuk mendominasi dunia perangkat lunak, setiap alat memiliki kelebihannya masing-masing. MySQL adalah RDBMS sumber terbuka paling populer selama beberapa tahun, memberdayakan beberapa situs web terbesar di dunia seperti Facebook, Twitter, dan Netflix. Namun, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa PostgreSQL sekarang memimpin dan berada di peringkat # 4 dalam hal popularitas database secara keseluruhan. PostgreSQL digunakan, misalnya, oleh Apple, Cisco, dan Skype.

Jadi mari kita lihat mengapa beberapa organisasi memilih MySQL atau PostgreSQL.

MySQL adalah sistem manajemen basis data yang kuat namun terjangkau. Sebagian besar situs web dan aplikasi web dapat bekerja dengan mudah di MySQL, karena bersifat fleksibel dan relatif dapat diskalakan. PostgreSQL, di sisi lain, adalah DBMS relasional objek open-source dan dianggap sebagai alat paling canggih dan kuat dari jenisnya. Ini juga lebih sesuai dengan SQL dan bekerja dengan baik dengan desain database yang kompleks. PostgreSQL sangat dapat diperluas dan dioptimalkan untuk kueri dan konkurensi yang kompleks, yang berarti dapat menangani banyak tugas pada saat yang bersamaan.

Kegunaan
Dalam hal fungsionalitas, PostgreSQL menawarkan lebih banyak kemungkinan, tetapi MySQL memiliki kemampuan dalam memori. PostgreSQL memiliki kinerja memori yang kurang efisien, karena membagi proses baru untuk setiap koneksi, dan setiap proses membutuhkan sekitar 10MB memori. Jika database Anda memiliki banyak koneksi, memori dapat bertambah, sehingga tidak cocok untuk operasi read-heavy sederhana jika dibandingkan dengan MySQL.

Bahasa
MySQL mendukung lebih banyak bahasa, tetapi PostgreSQL kompatibel dengan lebih banyak sistem operasi. Meskipun kedua database mendukung tipe data numerik, tanggal dan waktu, dan string, PostgreSQL juga mendukung bentuk geometris, pencarian teks, alamat jaringan, dan tipe data khusus dan eksotis lainnya.

Replikasi
Mari kita lihat perbedaannya dalam hal replikasi data (menyimpan data di lebih dari satu tempat). MySQL memiliki replikasi asinkron satu arah, yang melibatkan server master dan server slave. Ini memungkinkan Anda untuk mereplikasi tabel yang dipilih dalam database Anda. PostgreSQL memiliki replikasi sinkronis (2-aman), yang menjalankan dua instance database secara bersamaan, sedangkan database master disinkronkan dengan database slave. Ini membuatnya lebih cocok untuk baca-tulis secara bersamaan.

Jika tidak, kueri PostgreSQL biasanya identik dengan kueri MySQL.

Komunitas
Sebagai alat sumber terbuka, kedua RDBMS memerlukan dukungan dalam hal komunitas sumber terbuka, dan keduanya memiliki komunitas besar yang mengembangkannya serta menyumbangkan alat dan informasi tentang cara menggunakannya. Namun, pengembangan MySQL tampaknya mengalami stagnasi, dan komunitas tidak dapat lagi bereaksi dengan cepat terhadap masalah atau menerapkan perubahan. PostgreSQL, di sisi lain, memiliki komunitas yang kuat dan dukungan pihak ketiga.

Kerugian
Sekarang mari kita pertimbangkan beberapa kelemahan dari setiap alat. MySQL dirancang untuk kecepatan dan keandalan, tetapi ini mengorbankan kepatuhan penuh pada SQL standar. MySQL juga memiliki beberapa masalah dengan stabilitas dan pengelompokan, dan tidak mendukung gabungan luar penuh.

PostgreSQL dioptimalkan untuk operasi dan konkurensi yang kompleks serta membantu melindungi integritas data, tetapi tidak efisien untuk operasi baca-berat. Ini juga tidak cocok untuk kecepatan atau pengaturan sederhana. Kecuali jika Anda berurusan dengan database besar dan kueri kompleks yang melibatkan banyak CPU, PostgreSQL bisa jadi berlebihan, menghabiskan banyak memori.

PostgreSQL lebih baik untuk aplikasi dengan banyak pengguna yang menulis data secara bersamaan. Ini juga sesuai untuk sistem besar yang perlu mengautentikasi tanggal, atau jika Anda membutuhkan database Anda untuk melakukan prosedur kustom. Jika tidak, MySQL mungkin merupakan pilihan yang lebih baik untuk proyek yang hanya membutuhkan database untuk transaksi data sederhana.

Pengambilan Terakhir
Banyak organisasi memilih untuk bermigrasi dari alat manajemen database lama seperti MySQL, tetapi tidak perlu beralih ke NoSQL. Migrasi dari Oracle ke PostrgeSQL tidak harus sulit, mengingat PostgreSQL mudah diintegrasikan dengan berbagai alat, dan mungkin bermanfaat jika Anda ingin beralih ke sistem yang lebih kompleks dan dapat disesuaikan.

Sementara MySQL pasti memiliki kegunaannya, untuk semakin banyak perusahaan, PostgreSQL memiliki keunggulan.

Exit mobile version